Pluralitas dan Kebenaran Absolut

7/30/2013

Gamal Al-Banna yang merupakan adik pendiri Ikhwanul Muslimin dalam bukunya "Pluralitas dalam mayarakat muslim" mengatakan bahwa setiap upaya pemaksaan untuk menyeragamkan masyarakat secara umum maupun masyarakat islam secara khusus, meski dengan dalih penyeragaman Tauhid, atau bahkan dengan dalih penyeragaman kepada sikap moderatisme islam sekalipun, dan apapun sikap menutup mata terhadap unsur2 yg membentuk keberagaman dalam masyarakat, layak mendapat vonis gagal sebelum usaha tsb dijalankan. Maka dalam hal ini beliau menegasakan bahwa masalah pluraritas pemikiran dalam islam adalah hal yang wajar, pun beragam keyakinan ataupun sekterianisme yang berkembang dalam islam menjadi lumrah. Dengan demikian adalah tidaklah tepat jika ada seorang muslim ataupun organisasi keislaman yang dengan arogan menjustifikasi sesat atau tidak sesatnya keyakinan orang lain apalagi dengan menggunakan kekerasan, baik itu kekerasan simboik maupun kekerasan fisik.
Mengutip surat Al-qalam ayat 7 : Sesungguhnya Tuhanmu, Dia-lah Yang Paling Mengetahui siapa yang sesat dari jalanNya; dan Dialah Yang Paling Mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.
Mengutip surat Al-Baqarah ayat 134 : Mereka itu adalah satu umat yang telah lampau. Mereka akan mendapat apa yang telah mereka usahakan dan untuk kamupun apa yang kamu usahakan, dan tidaklah kamu akan diperiksa perihal apa yang mereka kerjakan.
Tentu, pemikiran ini erap kali dicap sebagai pemikiran Liberal oleh golongan tertentu. Namun, seperti yang dikatakan oleh Gamal Al-Banna pulalah, sikap dan pola pikir mengenai keengananan terhadap plurarisme disebabkan oleh ulah ahli fiqih terdahulu yang ingin melegitimasi kebenaran tunggal dengan tujuan mempersempit tradisi mayarakat agar kunci kontrol gerak masyarakat ada dalam pangkuan mereka. Padahal sejatinya adalah bahwa hanya Allah lah yang memiliki kebenaran absolut dan kebenaran absolut tersebut akan ditunjukanNya di hari akhir. So, Selamat berpikir dan mencari kebenaran!

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Followers

Gallery